Jangan membungkuk kalau mau gendong anak

Hola Moms,

Sering kali waktu anak lagi tantrum, cara paling cepat bikin dia tenang adalah digendong sambil dipuk-puk dan ditanya maunya apa.

Tapi kemarin saya baru tahu, ternyata selama ini cara saya menggendong salah!

Nggak main-main lho salahnya, kalau terus-terusan dibiarin bisa bikin lower back pain (encok) kambuh. Jadi kalau sekarang Moms sering encok, bisa jadi gara-gara cara gendong yang perlu dibenerin.

Selama ini, tiap mau gendong anak, saya bakal membungkukkan badan, taruh dua tangan saya di bawah ketiak anak, dan langsung berdiri angkat dia ke pelukan saya. Kalau anak masih dibawah 1 tahun sih belum terasa, tapi kalu udah lebih dari 1 tahun, hati-hati…

Mungkin sudah ada yang tahu, tapi saya tulis aja disini supaya jelas. Manusia bisa membungkuk karena ada cakram tulang rawan elastis yang nyambungin ruas tulang punggung, bisa dibilang mirip dengan sambungan kereta api ya.. gerbongnya keras, kaku, tapi sambungan antar gerbong elastis, jadi kereta bisa belok.

Sebenernya nggak ada masalah kalau membungkuk buat ambil duit jatuh di lantai, masalahnya kalau membungkuk sambil angkat objek yang berat (anak).

Waktu angkat anak sambil membungkuk, bagian tubuh kita yang kerja paling berat adalah bagian otot punggung bagian bawah yang cuma dibantu sama cakram tulang rawan, nah kalau bagian ini terus-terusan kerja keras, biasanya si encok bakal datang menghantui.

Ternyata solusinya sederhana banget Moms, gak perlu belajar teknik ini-itu, cukup tambahin satu langkah doank sebelum menggendong anak. Cukup tambahin…

… Jongkok!

Karena dengan jongkok, kita mindahin kerja keras dari otot punggung kepada otot dan tulang di kaki yang jauh lebih kuat, gimana gak kuat coba.. kaki kan udah sangat terlatih menemani kita jalan berjam-jam di Mall 😅

Jadi sekarang kalau mau gendong anak tantrum… dekati dulu anaknya, jongkok (jangan membungkuk), langsung dipeluk dan berdiri pelan-pelan.

Walaupun kelihatan sepele, cara sederhana kayak gini kadang bisa bikin hidup terasa lebih mudah.

Ngomong-ngomong soal hidup lebih mudah, khayalan saya sih.. kalau ada cara yang bikin lebih gampang kasih variasi kegiatan ke anak-anak, misalkan punya koleksi worksheet lucu yang bisa dicetak kapanpun saya mau, kayaknya saya bakal bisa punya lebih banyak “me time” 😁

Kalau Moms punya khayalan yang sama, bisa kasih tau saya di sini https://mainsambilbelajar.com/irit-activity-books/